Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Nasi Ampok

Jenis Makanan

Makanan Utama

Sejarah Makanan

Nasi jagung atau lebih familiar disebut nasi AMPOK.Nasi Ampok ini juga termasuk makan khas kota Blitar. Di Blitar warung-warung penyedia nasi ampok semakin sulit. Tidak dipungkiri memang nasi ampok tidak semua orang menyukainya, namun tidak sedikit yang terus mengkonsumsinya. Apalagi dengan alasan kesehatan, nasi ampok menjadi alternatif yang bagus mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Nilai Makna Makanan

Bahan Baku Utama

Bahan Dasar Nasi 100 gram nasi jagung Sakura 300 gram beras putih, cucilah sampai bersih 750 ml air bersih

Bahan Baku Tambahan

Bahan-bahan urap : 6 lonjor kacang panjang potong 2cm 1/2 ons toge 3 buah wortel di iris korek api 1 ikat bayam, ambil daunnya 1 ikat kangkung, ambil daunnya 1 ikat kemangi, ambil daunnya Bumbu yang dihaluskan : 2 buah kencur ukuran 2 cm 5 siung bawang putih 4 buah cabe merah 5 buah cabe rawit Gula merah yang sudah di iris 1 sendok makan munjung Gula pasir 2 sendok makan Penyedap secukupnya atau sesuai selera Garam secukupnya atau sesuai selera Bahan tambahan : Daun jeruk nipis 4 lembar, diiris tipis Kalapa parut untuk urapan sebanyak 1/2 butir kelapa

Rempah-Rempah

Kencur

Bumbu-Bumbu

Bawang Putih, Cabai Rawit, Cabai Merah, Garam, Gula Merah, Gula Pasir

Cara Pengolahan

Merebus, Mengukus

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Membuat / Memasak Nasi Ampok : Jagung pilihan dilihaluskan atau dihancurkan menggunakan mesin (diselep, bahasa Jawa) sampai menjadi butiran kecil-kecil yang dinamakan beras jagung. Setelah itu, jagung tersebut dicuci sampai bersih, sampai tidak ada kotoran (jenjet, bahasa Jawa) sama sekali. Setelah bersih, butiran jagung tersebut direndam selama + 10-12 jam, yaitu mulai pukul 15.00-03.00 (mulai jam 3 sore sampai jam 3 malam). Kami memilih waktu ini karena rendaman butiran jagung waktu malam memberikan hasil lebih enak dari pada rendaman waktu pagi atau siang. Karena udara malam yang dingin dapat lebih menggeburkan tekstur jagung yang tadinya keras menjadi empuk (tidak keras) Setelah itu, beras jagung dicuci lagi sampai bersih sampai sisa-sisa jenjet pada cucian yang pertama menjadi bersih total. Selanjutnya, setelah bersih jagung dihaluskan menjadi tepung jagung yang nantinya menjadi nasi jagung instan. Setelah itu tepung jagung dicampur dengan air (dipuyoni, bahasa Jawa) agar tepung jagung tidak menggumpal atau menyebar, sehingga proses masak menjadi sempurna. Setelah dirasa tidak menggumpal, tepung jagung dimasak sampai matang. Setelah proses masak selesai, tepung jagung dipisah-pisahkan lagi agar tidak menggumpal. Pada proses inilah tepung jagang sudah matang dan menjadi nasi jagung. Ini sudah bisa dinikmati seperti makanan pada umumnya. Untuk menjadikan nasi jagung instan agar bisa dinikmati dalam jangka panjang, nasi jagung ini dijemur dengan sampai benar-benar kering. Hal dimaksudkan agar nasi jagung instan bias bertahan lama. Cara membuat urap : Siapkan bahan sayur-sayuran kemudian kita rebus bahan sayur-sayuran tersebut kecuali kemangi, agar warna sayuran terlihat cantik dan alami tambahkan sedikit garam dan gula dalam air rebusan. Setelah rebusan sayur matang kita angkat dan letakkan dalam wadah atau piring berukuran besar. Kemudian kita campurkan parutan kelapa bersama bumbu yang telah dihaluskan lalu beri irisan daun jeruk, kemudian kita kukus, sebelum dikukus gunakan daun pisang untuk pembungkusnya (selain dikukus bumbu urap juga bisa kita tumis layaknya seperti membuat sambal goreng). Sesudah bumbu urap matang kita campurkan bumbu dengan sayuran kemudian kita aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata, urapan siap dihidangkan.

Cara Penyajian

Nasi ampok disajikan dengan ikan asin dan urap sayur.

- Foto Cara Penyajian:
Responsive image


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Tidak Tahu

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Tidak Tahu

Catatan Lain

Jenis Informan : Website

http://nasigorengtiwulblitar.blogspot.com/2017/09/nasi-ampoki-khas-blitar.html

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali