Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Kerupuk Pasir

Jenis Makanan

Gorengan

Sejarah Makanan

Kerupuk ini dikenal dengan kerupuk melarat diberbagai daerah. Dinamakan kerupuk pasir karena dalam membuatnya digoreng menggunakan pasir. Bahan baku pembuatan kerupuk ini ialah tepung tapioka yang ditambah dengan bumbu tertentu.

Nilai Makna Makanan

Makanan ini sudah dikenal turun temurun

Bahan Baku Utama

Tepung Tapioka,

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Garam, Bawang Putih

Cara Pengolahan

Merebus

Cerita / Proses Pengolahan

Cara membuat kerupuk goreng pasir ini diawali dengan menyiapkan tepung tapioka, garam sebanyak 4,5 kg, serta bawang sebanyak 1 kg yang telah dihaluskan. Kemudian, campur semua bahan - bahan tersebut. Aduk hingga tercampur semua atau sampai merata. Letakkan pada sebuah cetakan dengan ukuran 150cm x 250cm. Sebagian tepung yang telah tercampur bumbu kemudian ‘dicor’ dengan air mendidih. Pengecoran ini dilakukan dengan ketinggian air yang dikocorkan berada pada ketinggian 1 meter di atas tepung. Air mendidih yang diperlukan sebanyak 3 ember. Yang terjadi kemudian adalah tepung yang telah dicor akan berubah menjadi gumpalan semacam kanji yang mengental. Nah, kanji yang mengental inilah yang menjadi bahan pembuat krupuk. Jadi, caranya untuk membuat krupuk goreng pasir adalah dengan mencapur kanji yang telah dibuat dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat gelondongan dari bahan gumpalan kanji dan tepung. Aduk - aduk hingga mengeras. Setelah gelondong dirasa cukup keras, maka gelondongan tersebut bisa diiris tipis. Besar kecilnya ukuran krupuk tergantung selera. Setelah diiris krupuk yang belum jadi tersebut ditata di atas tampah dengan jumlah secukupnya antara 15 - 20 irisan. Tutup irisan kerupuk tersebut hingga matang. Tapi perlu diingat jangan terlalu lama dalam menutup kerupuknya. Karena bila terlalu matang maka akan berakibat kerupuk akan memiliki kualitas yang jelek. Setelah proses pematangan yang dirasa cukup, irisan kerupuk kemudian dipindahkan dari tampah ke wadah yang lain. Pindahkan dengan hati - hati. Setelah itu jemur irisan kerupuk hingga kering. Setelah kering maka kita tinggal menggorengnya. Nah dalam menggoreng kerupuk ini cukup unik. Yaitu menggunakan pasir sungai yang telah dibersihkan. Goreng krupuk ini menggunakan pasir sungai dalam keadaan panas.

Cara Penyajian

Kerupuk ini disajikan dengan dibungkus plastik

- Foto Cara Penyajian:
Responsive image


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Diabetes (Gula)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Menambah Nafsu Makan

Catatan Lain

Kerupuk ini memiliki citarasa unik, asin dan gurih

Jenis Informan : Website

http://slbdwgrogol1.blogspot.com/2015/02/krupuk-pasir.html ; http://lotusgardenhotel.com/kriuk-kriuk-renyahnya-wisata-kuliner-kerupuk-pasir-desa-bulusari-kediri/

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali