Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Martabak Manis Ketan Hitam

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Martabak manis ketan hitam atau yang dikenal dengan martabak hitam, martabak black dan martabak black sweet ini merupakan salah satu kreasi dari resep martabak manis yang ada di Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan martabak hampir sama dengan olahan martabak manis sederhana. Hanya saja penggunaan tepung terigu diganti dengan tepung ketan hitam. Penggunaan ketan hitam diadonan membuat tampilan martabak menjadi berbeda.

Nilai Makna Makanan

kreasi masyarakat dalam membuat olahan martabak

Bahan Baku Utama

Tepung Terigu, Telur, susu bubuk, susu kental, baking powder

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Garam, Air, baking soda, gula

Cara Pengolahan

Memanggang (Oven)

Cerita / Proses Pengolahan

Campur tepung terigu, tepung ketan hitam, gula, susu bubuk, garam, baking powder dan susu kental manis, aduk rata. Kemudian tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu tambahkan telur, aduk rata sampai adonan tidak bergerindil. Diamkan sekitar 1 jam didalam wadah yang ditutup plastik wrap. Setelah satu jam masukkan baking soda ke adonan, aduk rata. Selanjutnya panaskan teflon atau cetakan khusus martabak lalu tuang adonan sampai keluar pori-porinya atau bersarang. Taburi gula pasir, tutup teflonnya, lalu masak dengan menggunakan api kecil sekitar 2 menit atau sampai matang. Angkat, lalu oles dengan mentega, taburi keju parut, meises, susu kental manis dan bahan topping sesuai selera. Potong jadi 2 bagian, tumpuk lalu siap untuk dipotong-potong.

Cara Penyajian

Sajikan hangat bersama minuman hangat seperti teh dan kopi

- Foto Cara Penyajian:
Responsive image


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Diabetes (Gula)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

menambah stamina

Catatan Lain

Walaupun sebelumnya sudah ada kreasi dari martabak manis pandan dengan warna hijau pandan yang cantik. Dan martabak manis pink yang terbuat dari essens strawberry. Namum martabak manis ketan hitam ini menjadi perhatian banyak orang karena tampilannya yang hitam manis. Untuk rasanya juga jadi lebih enak dan legit karena ada tepung beras hitam, jadi serasa menikmati martabak dengan isian ketan hitam yang empuk.

Jenis Informan : Website

http://resephariini.com/martabak-manis-ketan-hitam/

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali