Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Sambusa khas kota mamuju, sulawesi barat

Jenis Makanan

Gorengan

Sejarah Makanan

Samosa khas Sulawesi Barat merupakan olahan makanan yang hampir mirip dengan panganan Arab. Namun bedanya, kulit Samosa khas Sulbar ini memakai bahan terigu dan telur. Ada yang menyebut Samosa, atau ada pula yang mengenalnya dengan Sambosa. Dengan isi daging kambing cincang, bawang bombay, cabe hijau, bumbu gulai, dengan kulit yang dibuat sendiri. Rasanya yang gurih, pedasnya cabe hijau, sensasi aroma rempah, tidak cukup satu potong untuk dinikmati.

Nilai Makna Makanan

isiannya kadang bisa berubah, kadang daging kadang ikan. Lalu apakah berbeda sambusaq Mandar dengan samosa dari Timur Tengah ini? Secara bentuk nyaris sama, bahan-bahan yang digunakan juga hamper sama hanya saja berbeda di bahan utama yang digunakan. Pengaruh kuliner kadang dapat berbeda jika telah masuk ke daerah lain. Penggunaan bahan utama biasanya dipengaruhi oleh ketersediaan bahan. Dunia kuliner memungkinkan modifikasi bahan yang cukup kaya dan beragam, sesuai dengan keinginan pembuatnya dan kadang mempertimbangkan nilai ekonomi bahannya, jika sulit didapatkan atau terlampau mahal, maka dilakukan perubahan terhadap bahan utama isiannya. Hal ini juga berlku untuk sambusaq yang ditemukan di Mandar. Secara umum bahan utama ikan akan sangat dominan anda temukan.

Bahan Baku Utama

Daging Kambing,

Bahan Baku Tambahan

Daging kambing sebanyak 250 gram, cincang halus

Rempah-Rempah

Tepung terigu sebanyak 250 gram Air sebanyak 50 ml Telur ayam sebanyak 1 butir, kocok lepas Mentega sebanyak 1 sdm, lelehkan Minyak goreng secukupnya

Bumbu-Bumbu

Mentega sebanyak 2 sdm Bawang bombay sebanyak 300 gram, cincang halus Bawang putih sebanyak 5 siung, cincang halus Bumbu kari instan secukupnya Air sebanyak 50 ml Garam secukupnya Cabai hijau sebanyak 100 gram, buang biji dan riis serong

Cara Pengolahan

Menggoreng

- Foto Cara Pengolahan:
Responsive image

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Membuat Samosa Kulit : Campur semua bahan isi dalam wadah bersih. Aduk hingga tidak lengket di tangan atau kalis kemudian istirahatkan selama 30 menit. Gilas adonan dengan rolling pan atau botol kaca hingga pipih dan hingga tipis. Kemudian potong dengan ukuran 7 cm x 7 cm, sisihkan. Isi : Siapkan wajan bersih lalu masukan sedikit margarin untuk menumis. Gunakan api sedang, biarkan hingga margarin melele Masukan bawang bombay, tumis hingga layu dan harum Tambahkan bumbu gulai, daging, dan air. Masak hingga daging berubah warna dan air berkurang. Tambahkan bahan terakhir yaitu cabai hijau. Masak sejewak, angkat dan dinginkan. Penyajian : Ambil 1 bagian kulit lalu siis dengan 1 sampai 2 sendok makan bahan isi, lipat segitiga dan rapatkan kelilingnya agar isi tidak keluar. Lakukan hingga adonan habis, sisihkan. Siapkan wajan dan masukan minyak untuk menggoreng., gunakan api sedang dan biarkan hingga minyak panas. Goreng samosa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Samosa khas Sulawesi Selatan siap untuk disajikan.

Cara Penyajian

disajikan dengan saos cabe

- Foto Cara Penyajian:
Responsive image

- Foto Cara Menikmati :
Responsive image


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Kolesterol

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Menambah Nafsu Makan

Catatan Lain

Secara umum tidak sulit membuat sambusaq Mandar ini, hanya ada dua eleman dasar, yaitu kulit dan isi. Kulitnya terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan garam margarine dan diaduk rata. Namun sebelumnya buat terlebih dahulu isiannya. Kebiasaan orang-orang yang ada di daerah Mandar adalah mnggunakan bahan utama ikan, karena ikan melimpah di daerah ini. Jika anda telah membuat isian maka kemudian tahapan mengisi kulit dengan isiannya adalah hal yang dilakukan selanjutnya. Rapikan kulit yang telah terisi dengan isian ikan dan bumbu lalu goring diatas minyak yang panas.

Jenis Informan : Website

https://resepnusantara.id/samosa-khas-sulawesi-barat/

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali