Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Kue Burayot Pertama kali ditemukan secara tidak sengaja. Pada zaman dahulu kala, orang-orang di pedesaan biasanya membuat makanan ringan dari ubi jalar / sampeu yang dicampur dengan gula aren yang dicairkan. Cemprus nama makanannya, akan tetapi karena penyajiannya cukup merepotkan akhirnya Abah Onon salah seorang pengrajin lahang di kampung Dangdeur mempunyai ide. Karena setiap sore Abah Onon dan Istrinya bi Acih sering menikmati secangkir teh hangat ditemani bubuy sampeu dan gula aren yang dicairkan. Akhirnya bi Acih mencoba mengkolaborasi, dikarenakan banyaknya tepung beras tersedia serta gula merah kiriman dari saudaranya yang tinggal di bungbulang. Akhirnya bi Acih membuat adonan dari tepung beras dan gula merah tersebut. Bi Acih membuat bentuk bulatan menggelembung ditemani anaknya ujang Jaja dan tetangganya ujang Odo.

Nilai Makna Makanan

Kenapa namanya burayot? Karena, ketika adonan tepung beras ini digoreng, kue ini diangkat dengan batang bambu kecil sehingga kulit kuenya tertarik ke atas dengan tepung gulanya menggantung di bagian bawah kue, yang orang Sunda menyebutnya 'ngaburayot'

Bahan Baku Utama

Tepung Beras,

Bahan Baku Tambahan

kacang merah

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

vanili, gula merah

Cara Pengolahan

Merebus, Menggoreng

Cerita / Proses Pengolahan

1. Siapkan wadah lalu masukkan air dan gula merah kedalamnya. Panaskan hingga mendidih. 2. Lalu masukkan vanili dan kacang. Masak hingga aromanya tercium wangi dan harum. 3. Setelah adonan mengental angkat gula dan campurkan tepung beras. Untuk mengaduk bisa dilakukan dalam baskom. 4. Siapkan wajan, panaskan minyak dan goreng burayot sedikit-sedikit hingga matang, gunakan capit agar tekstur dan bentuknya kue burayot tetap terjaga, angkat dan tiriskan 5. Kue burayot siap untuk disajikan.

Cara Penyajian

Disajikan sebagai cemilan bersama kopi atau teh.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Diabetes (Gula)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Memperlancar Pencernaan

Catatan Lain

Kue burayot dibuat menggunkana bahan dasar tepung beras dan gula aren sehingga memiliki cita rasa yang enak. Rasanya manis dan agak renyah.

Jenis Informan : Website

https://jajanantradisionalgarut.blogspot.com/2018/03/sejarah-kue-burayot.html https://www.kompasiana.com/aguskusdinar/593b7f1a519373bc1b5a033d/burayot-makanan-tradisional-khas-garut https://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-kue-burayot-dan-analisa-usahanya-khas-garut/ https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3027859/burayot-kue-unik-yang-harus-dicicipi-di-garut https://www.google.com/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-tepung-beras-untuk-kesehatan/amp

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali