Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Jenis Makanan

Jamu

Sejarah Makanan

Nilai Makna Makanan

Minuman ralle' ini dikonsumsi sebagai obat berbagai macam penyakit. Ralle' umumnya diminumkan pada orang yang sedang menderita penyakit sarampa atau puru. Dalam bahasa Indonesia penyakit tersebut sejenis dengan campak. Ralle' juga kerap diminumkan pada orang yang mengalami panas dalam.

Bahan Baku Utama

Bahan baku yang digunakan dikenal dengan sebutan ralle' oleh masyarakat bugis. Bahan baku tersebut juga dikenal dengan sebutan kasumba to ugi, kasumba to rate, kasumba to tiro, dan kasumba ugi. bahan baku tersebut berasal dari benang sari bunga. Biasanya, bahan baku tersebut dipasok dari daerah seperti Kabupaten Bone.

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Proses pembuatan ralle' terbilang mudah, mirip dengan cara membuat teh. Air yang telah mendidih dituangkan ke dalam gelas. Kemudian bubuk ralle' dituangkan ke adalam air hangat tersebut. Setelah itu, didiamkan beberapa menit. Air akan berubah warna menjadi warna kekuning-kuningan. Setelah itu, disaring menggunakan tapis teh sehingga hanya tersisa airnya saja, Ampas ralle'nya kemudian dibuang.

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

Disajikan dalam gelas, dan diminum dalam keadaan hangat.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali